Model Pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan)


Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran yang dikembangkan Loma Curran. Ciri utama model make a match adalah siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia (Isjoni, 2010: 78).
Karakteristik model pembelajaran make a match adalah memiliki hubungan yang erat dengan karakteristik siswa yang gemar bermain. Pelaksanaan model make a match harus didukung dengan keaktifan siswa untuk bergerak mencari pasangan dengan kartu yang sesuai dengan jawaban atau pertanyaan dalam kartu tersebut. Siswa yang pembelajarannya dengan model make a match aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat mempunyai pengalaman belajar yang bermakna.




Langkah-langkah

  1. Guru menyiapkan kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
  6. Setelah satu babak, kartu diundi lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. Demikian seterusnya.
  7. Kesimpulan/penutup.

Kelebihan

  • Suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran.
  • Kerja sama antar-sesama siswa terwujud dengan dinamis.
  • Munculnya dinamika gotong-royong yang merata di seluruh siswa.

Kekurangan 

  • Diperlukan bimbingan dari guru untuk melakukan pembelajaran.
  • Suasana kelas menjadi gaduh sehingga dapat mengganggu kelas lain.
  • Guru perlu persiapan bahan dan alat yang memadai.
Daftar Pustaka:
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Desain ilustrasi "make a match" oleh Freepik