Cara Membuat Puisi Yang Baik

Halo sahabat pendidikansekolahku, pernahkah kamu disuruh oleh guru di sekolah untuk membuat sebuah puisi sendiri? Tentunya memang tidak mudah ya jika dibandingkan dengan hanya membaca puisi karya orang lain. Apalagi jika puisi yang harus dibuat adalah puisi bebas tanpa ada aturan sedikit pun, bukannya lebih mudah, kebebasan ini kadang malah membuat bingung untuk menentukan puisi apa yang harus dibuat. Nah, agar tidak bingung, mimin bakal kasih rahasianya nih ketika kamu akan menulis sebuah puisi. Berikut ini adalah tips cara membuat puisi yang baik.

  1. Memilih Tema
    Pemilihan tema merupakan hal paling awal dalam membuat sebuah puisi. Tema sangat penting karena akan menentukan menarik atau tidaknya suatu tulisan. Memfokuskan puisi pada tema tertentu juga dapat menghasilkan suasana yang lebih mendalam bagi pembaca ataupun pendengar puisi yang dibuat.
  2. Menentukan Judul
    Judul yang baik adalah judul yang bisa merepresentasikan keseluruan isi puisi. Namun bukan berarti hanya dengan melihat judul, isi puisi malah jadi bisa ditebak dengan mudah. Judul harus unik, terlebih lagi untuk memberi sebuah petunjuk tentang pesan akhir dalam sebuah puisi.
  3. Tentukan Kata Kunci
    Kata kunci dipakai untuk menyampaikan poin-poin penting dari tema yang telah dipilih. Misalnya ketika tema yang dipilih adalah cinta, maka kata kunci yang harus ada dalam puisi adalah kesetian, pengorbanan, kepercayaan dan sebagainya. Intinya, kata kunci dihadirkan untuk bisa membangun suasana yang penulis ingin sampaikan. Menghadirkan kata kunci baiknya dimunculkan dengan beberapa kata yang saling memiliki keterhubungan sehingga kata satu dengan kata lainnya akan saling menguatkan sehingga rasa pada puisi akan tersampaikan dan tidak buyar kemana-mana.
  4. Gaya Bahasa
    Salah satu yang menjadi khas dari sebuah puisi adalah adanya penggunaan gaya bahasa yang memakai majas. Majas biasa digunakan untuk membuat perasaan dapat dimunculkan dengan penyampaian yang lebih berbeda. Baik itu menjadi semakin kuat, ataupun mengibaratkan suatu perasaan kepada objek lain yang menyerupainya. Beberapa jenis majas yang biasa digunakan dalam puisi misalnya majas hiperbola dan majas metafora (perbandingan).
  5. Keindahan Puisi
    Keindahan dalam puisi bisa didapat melalui kata-kata yang mengimajinasi pembaca. Yang perlu diperhatikan adalah puisi harus indah tetapi juga harus ringkas dan padat. Karena puisi memang sebuah sastra bukan sebuah artikel apalagi sebuah berita. Larik-larik puisi harus disusun dengan sistematis agar setiap bagian dalam bait-bait puisi semuanya memiliki makna yang utuh. Oleh karena itu, penting untuk memilihi kata yang tepat yang dapat mewakili pesan dari imajinasi yang ingin disampaikan. 

Adapun tiga hal penting lain dalam pengunaan kata dan larik saat menulis puisi yaitu:
  • Kata merupakan satuan rangkaian bunyi memiliki ritmis indah dan merdu.
  • Makna yang terdapat pada sebuah kata harus bisa menghasilkan banyak tafsir.
  • Pendalaman imajinasi harus ada pada apa yang dibicarakan.