Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Minum Air

Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Minum Air


Udara panas, olahraga dan merasa kepedasan, membuat manusia mendambakan air. Beberapa jam tidak minum air kadang bisa membuat kita menjadi merasakan kekeringan di tenggorokan, atau pun susah menelan makanan. Meskipun dipengaruhi oleh kondisi tubuh, cuaca, dan aktivitas yang dilakukan. Nyata tanpa minum air tubuh kita hanya bisa bertahan hingga 5 hari saja. Sementara untuk menahan lapar manusia bisa bertahan hingga 8 minggu atau 2 bulan dengan kondisi tubuhnya masih mengkonsumsi air. Manusia meminum air diumpamakan sebagai kendaraan yang membutuhkan oli untuk bisa bekerja. Dan fakta membuktikan bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari air yang berfungsi sebagai pelumas otot dan sendi. Mengatur suhu tubuh. Menyalurkan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh kita. Dan mengeluarkan racun dari tubuh kita. Oksigen dalam air pun membuat kita bisa berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari hari.
Tanpa air manusia bisa mengalami dehidrasi. Jika dibiarkan terus menerus tubuh manusia akan mengalami kerusakan ginjal, kejang-kejang. Dan jika terus dibiarkan akan mengalami kematian. Apalagi jika seseorang sedang mengalami penyakit diare. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh kita banyak sekali kehilangan air.
Meskipun air sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bukan berarti kita harus meminum air sebanyak-banyaknya. Nyatanya ada batasan tubuh manusia meminum air. Jika batas itu dilewati, maka yang didapat bukan tubuh yang sehat tetapi malah berujung kematian mendadak. Dalam keadaan normal, ginjal manusia dapat menampung 2 botol air dalam situasi normal. Jika dalam keadaan sedang olah raga ekstrim, kapasitas ginjal akan menurun drastis karena stres yang dialami tubuh. Jika terlalu banyak meminum air, ginjal akan kewalahan dan air akan masuk kedalam darah bahkan ke otak yang bisa menyebabkan kematian. Jadi, janganlah minum terlalu banyak bahkan berlebihan dalam sekali minum.
Masyarakat mengetahui bahwa setiap orang harus minum 8 gelas dalam sehari. Nyata itu tidak sepenuhnya benar. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitasnya. Air dalam tubuh kita akan habis melalui keringat, urine, bahkan bernafas. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Jangan menunda-nunda minum ketika kita haus. Karena kekurangan air bisa mengganggu kehidupan manusia.